Manfaat Hyphnobirthing dan Bunda Hamil Untuk Proses Kelahiran

bozmodel.blogspot.com kali ini kami akan memberikan cara agar memudahkan proses kehamilan dengan Hyphnobirthing.  Hyphnobirthing adalah metode baru yang dapat diterapkan untuk mendapatkan kelancaran proses persalinan tanpa beban sedikit pun. Hypnobirthing merupakan gabungan dari Hypnosis dan birthing. Hypnosis sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya tidur dan pikirannya tenang. Sedangkan birthing adalah bahasa Inggris yang artinya melahirkan atau persalinan. Gabungan keduanya akan menimbulkan makna baru, yakni melahirkan dengan pikiran tenang dan tanpa beban.

senam ibu hamil

Sebagaimana diketahui, masa jelang persalinan merupakan masa yang paling mendebarkan bagi ibu hamil. Tidak jarang ibu hamil yang merasakan cemas berlebih diakibatkan oleh cerita seram yang pernah didengar tentang sakitnya melahirkan. Rasa cemas, khawatir, dan gelisah ini justru bisa membuat rasa sakit saat melahirkan benar-benar datang. Nah, untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan pikiran inilah dibutuhkan sebuah hipnosis. Cara supaya para ibu bisa menjalani persalinan dengan rasa aman dan nyaman sekaligus lancar.
 

Pada ibu hamil sangat dibutuhkan tubuh yang sehat dan bugar, diupayakan dengan makan teratur, cukup istirahat dan olah tubuh sesuai takaran. Dengan tubuh bugar dan sehat, ibu hamil tetap dapat menjalankan tugas rutin sehari-hari, menurunkan stres akibat rasa cemas yang dihadapi menjelang persalinan. Perempuan mengandung yang mengikuti senam hamil diharapkan dapat menjalani persalinan dengan lancar, dapat memanfaatkan tenaga dan kemampuan sebaik-baiknya sehingga proses persalinan normal berlangsung relatif cepat.

Bagaimana gerakan dasar senam hamil? Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti di rumah:

  • Duduk bersila dan tegak, kedua lengan mengarah ke depan dan santai. Lakukan sebanyak mungkin dalam posisi sehari-hari
  • Sikap merangkak, jarak antara kedua tangan sama dengan jarak antara kedua bahu. Keempat anggota tubuh tegak lurus pada lantai dengan badan sejajar lantai.
  • Lakukan gerakan ini: Tundukkan kepala, lihat perut bagian bawah dan pinggang diangkat sambil mengempiskan perut dan mengerutkan lubang anus. Selanjutnya turunkan pinggang dengan mengangkat kepala sambil melemaskan otot-otot dinding perut dan otot dasar panggul. Lakukan gerakan ini sebanyak 8 kali
  • Lakukan sikap merangkak dengan meletakkan kepala di antara kedua tangan lalu menoleh ke samping kanan/kiri, selanjutnya turunkan badan hingga dada menyentuh kasur dengan menggeser siku sejauh mungkin ke samping. Bertahanlah pada posisi tersebut selama 1 menit, kemudian tingkatkan menjadi 5-10 menit atau sesuai kekuatan ibu hamil
  • Berbaring miring ke kiri (lebih baik ke arah punggung bayi), lutu kanan diletakkan di depan lutut kiri (ganjal dengan bantal). Lengan kanan ditekuk di depan dan lengan kiri letakkkan di belakang
  • Bernaring miring, kedua lutut dan kedua lengan ditekuk, bawah kepala diberi bantal, demikian juga bawah perut agar perut tidak menggantung. Tutup mata, tenang, atur nafas dengan berirama.
  • Berbaring telentang, pegang kedua lutut dengan kedua tangan dan rileks. Lakukan kegiatan berikut: Buka mulut secukupnya, tarik nafas dalam semaksimal mungkin, ketupkan. Mengejanlah seperti buang air besar, gerakan badan ke bawah dan ke depan. Setelah tak dapat menahan lelah, kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini 3-4 kali dengan interval 2 menit.
 Nah itu tadi informasi yang dapat kami berikan tapi kami memiliki catatan untuk ibu hamil harus ada bimbingan dari yang ahlinya yaitu dokter spesialisnya kandungan. Terimakasih telah berkunjung di blog kami semoga bermanfaat dan melahirkan bayi yang sehat tentunya amin.

Manfaat Hyphnobirthing dan Bunda Hamil Untuk Proses Kelahiran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown